Hadapi Suzuki Jimny, Daihatsu Siapkan Taft Anyar pada 2020

Monday, 30 December 2019 Hadapi Suzuki Jimny, Daihatsu Siapkan Taft Anyar pada 2020

Daihatsu punya mainan baru sekelas Suzuki Jimny. Namun, saat ini masih dalam model purwarupa. Ia bertandang ke Tokyo Auto Salon pada Januari 2020. Tak main-main, pabrikan sudah merencanakan ke jalur produksi paruh tahun depan. Untuk pasar Jepang, Taft hasil reinkarnasi menjelma menjadi Kei Car. Semacam mobil LCGC di Indonesia.

Entah pakai platform yang mana. Sebetulnya, Daihatsu punya kendaraan berdimensi mirip Taft. Bisa saja bikin platform anyar. Namun diprediksi pakai milik Tanto, supaya menekan ongkos riset. Lanjut soal desain. Secara subjektif Taft generasi penerus punya karakter yang berbeda. Mungkin lantaran peruntukannya menembus segmen Kei Car. Rasanya lebih bernuansa lucu dan sopan, ketimbang Jimny yang tampil macho.

Kilas balik menyegarkan ingatan kita. Daihatsu Taft kali pertama dikenalkan sebagai SUV 4 × 4 pada 1974. Kendaraan ini sempat berjaya di Indonesia era 80-an hingga 90-an. Tafft F20 digemari lantaran punya penggerak empat roda dan bisa diubah menjadi dua roda saja. Kemudian mengandalkan jantung pacu diesel, yang mumpuni kala itu. Model lawas menjadi teman tualang yang membanggakan.

Tapi tidak pada edisi anyar. Sebab produsen harus mengikuti regulasi ramah lingkungan sesuai ketentuan Kei Car. Jangan harap peforma tinggi atau mesin diesel seperti model lama. Taft Concept pada dasarnya adalah versi dari mobil WakuWaku, yang diperlihatkan di Tokyo Motor Show 2019 kemarin.

Profilnya menampilkan front end yang sama, lampu depan tidak begitu kotak, bumper gemuk. Fender pakai plastik hitam berbentuk mengotak. Jadi berbeda dengan Taft 80-an. Lalu kaca depan dibikin tegak bak SUV betulan dan jendela samping persegi. Ia punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475mm dan tinggi 1.630 mm. Mobil mungil ini hanya bisa menampung maksimal empat orang.

Bedanya, konsep WakuWaku memiliki pegangan pintu belakang tersembunyi. Dan panel oranye di jendela sisi belakang. Sedang Taft punya bukaan pintu model tarik yang menonjol. Daihatsu juga menyiapkan Taft dengan sunroof kaca besar dan ruang bagasi yang datar. Dijanjikan semakin praktis dan ergonomis. Sayang, belum ada perincian teknis yang dirilis. Tetapi untuk mesin, disinyalir pakai engine 658 cc Naturally Aspirated dan opsi turbocharged. Transmisi pakai CVT yang disalurkan ke roda depan. Untuk menopang bodi kotak itu, pakai pelek abu-abu 15 inci ban 165/65.

Menurut Anda bagimana? Akankah model anyar bisa hits seperti Suzuki kala merilis Jimny? Kita lihat saja tahun depan. Namun perlu dicatat. Jimny yang dijual di Indonesia bukan Kei Car, sebab bermesin 1,5 liter. Di Jepang, rival Taft ini juga punya mesin 658 cc. Menarik untuk dinanti pertarungan 2020. (Alx/Tom)

Sumber: Paultan.org

Sumber : https://www.oto.com/berita-mobil/hadapi-suzuki-jimny-daihatsu-siapkan-taft-anyar-pada-2020


Komentar